PARABEK DIKUNJUNGI DATO’ H. ZAINAL ABIDIN BIN H. SAKOM

Oleh. Ujang, S.Th.I


Hari Minggu tanggal 15 Maret kemaren, Pesantren Sumatera Thawalib Parabek mengadakan pesta Aqiqah puteri dari Dato’ H. Zainal Abidin bin H. Sakom dari Malaysia. Kesibukan sudah mulai terlihat sejak hari Jum’at sebelumnya. Dimulai dari pemasangan tenda yang akan menambung sekitar 800 hadirin yang terdiri dari para santri, ustadz dan ustadzah serta para undangan lainnya.


Hari Sabtu seluruh santri menyaksikan pemotongan Sapi Aqiqah di lapangan Bola Kaki Madrasah Sumatera Thawalib Parabek. Pemotongan ini sekaligus dijadikan sebagai praktek belajar bagi santri tentang bagaimana cara memotong hewan aqiqah.


Sedangkan pelaksanaan aqiqah diadakan pada hari Minggu. Acara ini dihadiri lebih kurang 800 peserta terdiri dari ustadz dan ustadzah, santriwan dan santriwati serta para undangan yang terdiri dari warga parabek, pemuka-pemuka masyarakat kec. Banuhampu dan juga bapak kakandepag Agam. Meskipun pagi harinya duguyur hujan gerimis, namun tidak mengurangi maraknya acara tersebut.


Dalam acara tersebut, Dato’ H. Zainal Abidin bin H. Sakom memberikan sumbangan sebesar 100.000 ringgit (sekitar Rp. 320.000.000,-). Ia juga menjanjikan bahwa dalam waktu dekat juga akan mengirimkan tambahan sumbangan demi menyiapkan gedung Asrama putera berlantai empat, yang sekarang baru siap lantai satunya.


Setelah shalat Zhuhur, acara dilanjutkan dengan mengadakan kuliah umum oleh dato’ H. Zainal Abidin yang dilaksanakan di Mesjid Jami’ Parabek. Dalam ceramahnya Dato’ zainal Abidin menyampaikan betapa berbahayanya kemiskinan bagi umat Islam. Diperkirakan bahwa sejak bulan Juli nanti puncak krisis global akan melanda dunia. Maka, dampaknya bagi umat islam yang miskin dan tidak berilmu akan mudah berpindah agama kepada agama lain yang mampu memberikan bantuan kepada mereka.


Maka, pendidikan agama yang diberikan di Sumatera Thawalib Parabek sangat penting untuk menjaga aqidah umat ini. Semoga bantuan yang diberikan Dato’ H. Zainal Abidin diridhai oleh Allah SWT. Semoga Allah juga selalu melapangkan beliau dalam mencari rizki dan selalu mendapat petunjuk ke jalan yang benar.



Tentang ujangparabek

Pengajar Hadis & Ilmu Hadis di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Alumni Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke PARABEK DIKUNJUNGI DATO’ H. ZAINAL ABIDIN BIN H. SAKOM

  1. Anonymous berkata:

    Alhamdulillah, mudah2an Pesantren wak ko ustaz, selalu menjadi jembatan rasa antar dua negara yang serumpun. amin.

  2. Anonymous berkata:

    semangat terus Ustaz Ujang…. (from: Ori)

  3. DR IRWAN berkata:

    Alhamdulillah, semoga amal shaleh hamba ALLAH tersebut diterima ALLAH SWT.
    Dr Irwan
    Fakultas Ekonomi
    Universitas Djuanda BOGOR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s