IJTIMA’ MUI DI PADANG PANJANG

Oleh. Ujang, S.ThI

Pada hari Sabtu tanggal 24 Januari 2009, Wakil Presiden Yusuf Kalla secara resmi membuka ijtima’ Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang. Acara ini direncanakan akan diadakan juga di Pesantren terpadu Serambi Mekkah dan Pesantren Perguruan Thawalib Padang Panjang.

Berdasarkan berita sabili KH. Ma`ruf Amin (Ketua MUI Pusat) mengatakan : ijtima ulama yang ketiga ini akan dihadiri 700 orang pimpinan MUI pusat, MUI daerah, pimpinan pondok pesantren, perorangan, ulama, cendekiawan dan habaib. “Dalam acara itu ada tiga agenda besar yang dibahas para ulama,” ujar kiai yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI.

Agenda pertama, Masail Asasiyyah Watahaniyyah (masalah strategis kebangsaan). Kelompok ini akan membahas soal prinsip Islam tentang hubungan antar agama, peran agama dalam pembinaan moral bangsa dan soal golput dalam pemilu serta pilkada.

Kedua, Masail Fiqhiyyah Muashirah (masalah fikih kontemporer), yaitu membahas masalah hukum merokok, pernikahan usia dini, bank mata dan organ tubuh lainnya, zakat, makanan halal, wakaf serta senam pernafasan yoga.

Ketiga, Masail Qanuniyyah (masalah hukum dan perundang-undangan), yaitu membahas tentang RUU Jaminan Produk Halal, tindak lanjut UU Pornografi, PP No 5/2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, UU Kepariwisataan dan UU Perbankan Syariah.

Ternyata kesibukan tidak hanya terjadi di Padang Panjang saja, bahkan Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi juga sejak hari Jum’at kemaren banyak menerima tamu dari pengurus MUI di berbagai daerah seperti dari Kuala Tungkal (Jambi) dan rombongan MUI Sumatera Utara. Bahkan pada hari Senin tgl 26 Januari 2009 besok dijadwalkan seluruh peserta Ijtima’ MUI tersebut akan mengadakan kunjungan wisata termasuk ke Pesantren Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

Kita berharap semoga ijtima’ MUI sekarang akan menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan umat berdasarkan tuntutan zaman modern. Dan semoga acara seperti ini akan semakin memperkokoh ukhuwah seluruh umat Islam yang berada di bawah berbagai elemen ORMAS ini. Amin…………..!

Tentang ujangparabek

Pengajar Hadis & Ilmu Hadis di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Alumni Perguruan Thawalib Padang Panjang dan Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

6 Balasan ke IJTIMA’ MUI DI PADANG PANJANG

  1. attayaya berkata:

    rokok haram kok setengah setengahaku perokok neh

  2. amaze berkata:

    keharaman rokok ini harus diperjelas, haram karena zatnya taw karena mafsadadnya, biar tak gampang di gugat

  3. m.syafrizal berkata:

    assalamualaikum

  4. fadhli lukman berkata:

    wa’alaikum salamalhamdulillah di sini aman ust. di parabek bagaimana. kabar-kabarnya ada siswa kelas VI yang daftar ke sini y ust? siapa?

  5. asyiqatul-'ilm berkata:

    wa’alaikum salam. alhamdulillah bikhair. Kami sekeluarga mengundang agar hadir dalam walimah farhan sy dengan lili indriani tgl 14 maret 2009 di aula thawalib putra pdg pnjang. Datang yo bang, maaf tak melalui undangan.

  6. CICI YANTI berkata:

    Di mana daptkan referensi buku keputusan ini Akh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s